Rabu, 01 Maret 2023

Apa Saja Struktur Database?

Halo teman-teman!!! pada malam yang indah inii, aku mau bawain materi mengenai Struktur Database nihh!! sebelum masuk pada materinya, aku mau tanya nih sama kalian.. tau gak sih guys, apa itu Database? jadi, Database adalah koleksi data yang sistematis dan sistematis yang disimpan secara elektronik. Ini dapat berisi semua jenis data, termasuk kata, angka, gambar, video, dan file. Kalian bisa menggunakan perangkat lunak yang disebut sistem manajemen database (DBMS) untuk menyimpan, mengambil, dan mengedit data. 

Lalu, secara sederhananya, data sendiri adalah informasi yang kita dapatkan ataupun kita punya. 


Oke guys, mari kita masuk ke dalam materi Struktur Database, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu.

Database sendiri memiliki beberapa struktur, mari kita cek penjelasannya, dibawah ini ya!!!

Struktur Database :

  1.  Data : diurutan pertama, ada Data. Jadi, secara singkat Data adalah kumpulan fakta yang mengenai objek tertentu, misal angka, huruf, gambar, film dll yang relevan dan belum mempunyai arti. 
  2. Informasi : kemudian diurutan ke-2 ada informasi, informasi adalah hasil pengolahan data yang konkrit dan sudah mempunyai arti untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  3. Tabel : lalu diurutan ke-3 ada Tabel, jadi tabel sendiri Merupakan hal yang paling mendasar dalam hal penyimpanan data yang terdiri dari field dan record.
  4. Field (kolom) : dalam urutan ke-4 ada Field/kolom yang merupakan elemen dari tabel yang berisikan informasi tertentu yang spesifik tentang sub judul tabel pada sebuah item data.
  5. Query : selanjutnya pada urutan ke-5 ada Query, jadi Query merupakan pertanyaan atau permintaan informasi tertentu dari sebuah basisdata yang ditulis dengan format tertentu.
  6. Record : lalu diurutan terakhir ada Record. Nah, secara singkat Record merupakan sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu, contoh data seorang mahasiswa akan disimpan dalam record yang terdiri dari beberapa field.

Nah.. so, guys itulah beberapa materi singkat mengenai Struktur Database. In the next theory aku juga bakal nulis mengenai Struktur Database yang lebih mendetail lagi yaaa!! Terima kasih telah berkunjung ke blog inii!! semoga materi ini dapat bermanfaat bagi kita semua yaaa!! see u!! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar