Jumat, 13 Januari 2023

Apa itu Scope Linux?

Halo Teman-Teman!!! Jadi hari ini saya akan membahas mengenai Macam-macam Scope Linux. Nah, Sebelumnya sudah tau kah apa itu Scope Linux? Scope memiliki arti "ruang lingkup atau Cakupan" nah, jadi Scope Linux merupakan hal-hal yang mencakup Linux, atau bisa juga disebut dengan ruang lingkup Linux, nah disini saya akan menjelaskan beberapa macam yang mencakup Linux. Silahkan disimak yaa teman-teman!!! 

1. NTP (Network Time Protocol)

Network Time Protokol atau biasa disebut dengan istilah NTP ini merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk mensinkronkan waktu antar komputer. Sinkronisasi waktu yang dilakukan oleh protokol ini sangat akurat dapat mencapai 10 millidetik untuk jaringan internet dan dapat mencapai 200 milidetik dalam jaringan lokal. NTP sendiri berada di 2 sisi yaitu, sisi klien, dan sisi server.

Fungsi dari NTP yaitu untuk menyesuaikan waktu yang ada, sesuai dengan Regional si device berada. Lalu, menyambungkan antara pengirim dan penerima agar bisa menjalin komunikasi dengan lancar tanpa kendala apapun.

2. Repository

Repository adalah suatu paket aplikasi distribusi pada Linux. Bagi para Programming, repository merupakan kumpulan file yang memiliki penyimpanan secara secara sentral, yang digunakan oleh sistem operasi untuk menunjang kinerja sebuah aplikasi atau program. Repository ini didapatkan dari sebuah Server Mirror dari website paket tersebut.

Fungsi Repository sendiri yaitu untuk,  mempermudah para pengembang untuk kembali ke versi program sebelumnya jika semisal program terbaru yang telah dibuat menyebabkan banyak masalah.

pengertian Repository mengaju pada tempat penyimpanan data dan pemeliharaan data. Repository dapat menjadi tempat di mana banyak basis data atau file ditempatkan untuk distribusi melalui jaringan, atau repositori dapat menjadi lokasi yang dapat diakses langsung oleh pengguna tanpa harus melakukan perjalanan di seluruh jaringan.

3. Swap


Partisi SWAP adalah partisi RAM pada sistem Linux. Partisi ini dapat digunakan sebagai RAM tambahan (memori virtual). Ini berguna pada saat sistem kehabisan RAM (fisik). Semakin banyak jumlah aplikasi yang dijalankan semakin besar jumlah RAM yang digunakan. Parisi SWAP ini memiliki beberapa fungsi, yaitu :

  • Sebagai Memori Cadangan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, partisi swap bertindak sebagai virtual memori atau memori cadangan. Partisi swap ini merupakan ruang kosong yang dapat digunakan sewaktu-waktu, ketika memori utama atau RAM komputer penuh akibat membuka beberapa aplikasi besar secara bersamaan. Sehingga swap dapat membantu sebagai tempat penyimpanan sementara.
  • Agar Komputer Bisa Masuk Ke Mode Hibernasi. Apabila komputer memasuki mode hibernasi, maka sebelumnya komputer akan menyimpan data-data yang tengah berjalan pada partisi swap. Hal ini agar nanti data-data tersebut tidak hilang saat komputer dihidupkan kembali. Sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama untuk dapat melanjutkan proses atau pekerjaan sebelumnya. Dapat dikatakan bahwa, jika Linux tidak mempunyai partisi swap, maka komputer tersebut tidak dapat melakukan mode hibernasi.
  • 4. VDO (Virtual Data Optimizer)

    VDO adalah kernel yang dapat menghemat ruang disk dan mengurangi bandwidth replikasi. VDO berada di atas perangkat penyimpanan blok apa pun dan menyediakan eliminasi nol-blok, deduplikasi blok redundan, juga kompresi data. Hal ini merupakan fase kunci dari proses reduksi data yang memungkinkan VDO mengurangi jejak penyimpanan. VDO menerapkan fase inline dan on-the-fly ini. 

    5. Tuned profile

    Tuned adalah fitur Linux yang memantau sistem dan mengoptimalkan kinerja dibawah beban kerja tertentu. Tuned menggunakan profile untuk melakukan ini. Profile adalah seperangkat aturan yang menetukan parameter sistem tertentu seperti pengeturan disk, parameter kernel, pengaturan pengoptimalan jaringan, dan banyak aspeksistem lainnya.

    6. Selinux 

    SELinux merupakan salah satu peningkatan keamanan dari sebuah sistem operasi berbasis linux. Keamanan ini berguna untuk membedakan antara user root dengan user yang bersifat terbatas. Security ini juga yang akan mengatur file permission write, executable, read (membuat,menjalankan, dan membaca).

     fungsi dari SELinux sebagai “Security” pada kebijakan yang diterapkan pada aplikasi–aplikasi di sistem Linux, sehingga hanya system administrator yang bertanggung jawab atas sistem tersebut saja yang bisa mengubah “policy” pada sistem.

    7. Crontab

     Crontab adalah daftar perintah yang ingin Anda jalankan pada jadwal reguler, dan juga nama perintah yang digunakan untuk mengelola daftar itu.

     Crontab adalah singkatan dari “cron table,” karena menggunakan cron scheduler pekerjaan untuk menjalankan tugas; cron sendiri dinamai “chronos,” kata Yunani untuk waktu. cron adalah proses sistem yang secara otomatis akan melakukan tugas untuk Anda sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. 

    Jadwal itu disebut crontab, yang juga merupakan nama program yang digunakan untuk mengedit jadwal itu.

    8. Auto FS


    Auto FS adalah sebuah aplikasi program yg digunakan untuk me-mount direktori secara otomatis. Automount hanya akan melakukan proses mounting ketika diperlukan saja, dan akan me-unmount jika tidak di perlukan atau tidak aktif. Karena itu, automounting NFS / Samba share dapat menghemat bandwidth dan menawarkan kinerja yg lebih baik secara keseluruhan dibandingkan dengan melakukan mount statis melalui file fstab.

    guna memudahkan kalian untuk memahami artikel berikut, jadi automount adalah program yang digunakan untuk mengkonfigurasi mount point untuk autofs. Ketika autofs dimulai, daemon automount yang melakukan pemetaan direktori mount. Auto-mount mengacu pada proses filesystem automounting. Autofs adalah program yang mengontrol operasi dari daemon automount.

    9. Journal

    Journal adalah komponen dari systemd. Ini adalah lokasi terpusat untuk semua pesan yang dicatat oleh komponen yang berbeda dalam sistem Linux yang diaktifkan oleh systemd. Ini termasuk pesan kernel dan boot, pesan yang berasal dari syslog, atau layanan yang berbeda.

    File log berada di /var/log/journal, tiap file log dari masing-masing service ukurannya berbeda, dan ukurannya akan semakin bertambah dan tak jarang hingga satuan Gigabyte, tentu ini berdampak berkurangnya kapasitas disk hanya untuk menyimpan catatan/log dari masing-masing service.

    10. Container


    Definisi Container adalah sejenis software yang mengemas dan mengisolasi applikasi secara virtual untuk mempermudah software deployment. Berbeda dengan konsep traditional Virtual Machine, Container tidak membutuhkan dedicated operating system (OS Kernel) tetapi Container Kernel dapat di pergunakan secara bersamaan.

    Container memberikan cara utk mengemas aplikasi secara terstruktur dan logis sehingga aplikasi ini tidak lagi tergantung lagi dengan configurasi komputer operating system tertentu untuk dapat berjalan secara sempurna. Proses Containerization memungkinkan aplikasi untuk dapat di deploy dengan mudah dan konsisten terlepas dari berbagai macam system komputer baik di on-premise, di local atau di cloud bahkan di komputer laptop pribadi atau kumputer server yang besar.

    Bagi mereka yang datang dari lingkungan virtual, container sering dibandingkan dengan mesin virtual (VM). Anda mungkin sudah terbiasa dengan VM, sistem operasi tamu seperti Linux atau Windows berjalan di atas sistem operasi host dengan akses virtual ke perangkat keras yang mendasarinya. Seperti mesin virtual, container memungkinkan Anda mengemas aplikasi Anda dengan library dan dependensi lainnya, menyediakan lingkungan yang terisolasi untuk menjalankan layanan software Anda. Namun, seperti yang akan Anda lihat di bawah, kesamaan berakhir di sini karena container menawarkan unit yang jauh lebih ringan bagi Developer dan IT Ops untuk bekerja sama, membawa banyak sekali manfaat.

    11. service management system


    Systemd System and Service Management merupakan sistem yang mengatur sumber daya sistem, server daemon, dan proses lainnya baik pada saat mulai boot dan juga pada sistem berjalan.

    Proses yang menunggu atau berjalan di-Background melakukan berbagai macam tugas disebut Daemon. Pada dasarnya daemon mulai berjalan pada saat boot dan biasanya diakhiri dengan huruf “d”.

    12. firewall


    Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar.

    Perlindungan Firewall diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi Internet. Meningkatkan tingkat keamanan jaringan komputer dengan memberikan informasi rinci tentang pola-pola lalu lintas jaringan. Perangkat ini penting dan sangat diperlukan karena bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaring komputer internal dan jaringan komputer eksternal.

    Secara umum Firewall digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Saat ini, pengertian firewall difahami dengan istilah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan. Mengingat sekarang ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, sehingga fungsi fire-wall menjadi hal yang sangat esensial.”

    So, guys! jadi itulah beberapa hal yang mencakup Linux!! semoga materi ini bisa bermanfaat bagi kita semua yaa!! see u in the next theory yaa!!! 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar