Selasa, 03 Januari 2023

Bagaimana Cara Mengutilisasi Komponen Hardware Pada Sistem Operasi Linux?

Pada pagi yang cerah ini, saya akan membawakan materi mengenai Perintah/Command apa saja yang bisa kita gunakan untuk mengetahui Spesifikasi dalam komponen Hardware pada Sistem Operasi Linux. Silahkan disimak ya!! 

1. Perintah Linux Untuk Mengetahui CPU

Nah jadi, perintah CPU ini berfungsi untuk mengetahui informasi detail mulai dari kecepatan Processor, jumlah Core, CPU Vendor, suhu Processor, kecepatan Kipas Pendingin, dan info lainnya seputar CPU.  Berikut merupakan langkah-langkah mengetahui informasi CPU :

  • Masuk Terminal dan login menggunakan root : klik Ctrl + Alt + t
  • Menampilkan Informasi CPU menggunakan perintah : cat /proc/cpuinfo , maka yang muncul akan seperti ini :
         



  • Untuk menampilkan Versi dari Kernel, kita dapat menggunakan perintah : cat /proc/version, yang hasilnya akan seperti dibawah ini 

  • Lalu jika kita ingin menampilkan kapan waktu komputer sedang hidup, kita menggunakan Perintah : uptime, maka hasilnya akan seperti dibawah ini. 


2. Perintah Untuk Mengetahui Memori
Untuk mengetahui berapa memori yang kita miliki, kita bisa melihatnya dengan perintah : free atau bisa juga dengan perintah free -h, contohnya seperti dibawah ini :

a.) free



b.) free -h

Sebenarnya kedua perintah tersebut terbilang sama saja. -h (human readable) gunanya agar lebih mudah dibaca karna menunjukan spesifikasi yang lebih jelas. 

c.) cat /proc/meminfo

perintah ini digunakan untuk menampilkan penggunaan memori yang telah kita pakai, contohnya akan seperti dibawah ini. 


3. Perintah untuk mengetahui Disk
Hard Disk atau biasa disebut dengan Disk ini merupakan sebuah hardware yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data di sebuah komputer atau laptop. Nah di Sistem Operasi Linux kita bisa mengecek ruang disk menggunakan perintah : df atau du. Berikut adalah penjelasannya. 

A. df berfungsi untuk mengecek ruang Disk. Beberapa Perintah yang biasa digunakan yaitu sebagai berikut :
  •  df -h : perintah ini digunakan untuk menampilkan hasil dalam format yang mudah dibaca. 

  • df -m : perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi penggunaan sistem file dalam ukuran mb

  • df -k : memiliki fungsi yang sama dengan df -m namun bedanya untuk versi kb

  • df -T : perintah ini digunakan untuk menunjukan tipe sistem file. 

  • df /home : perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi tentang sistem file tertentu dalam format yang mudah dibaca oleh kita. 

  • df --help : perintah ini digunakan untuk mencantumkan opsi lain yang bisa kalian gunakan. 

B. du (Disk Usage) berfungsi untuk memantau penggunaan disk di terminal. Perintah du ini akan menampilkan informasi disk untuk file dan direktori yang ada di Komputer atau Server Linux. Berikut ini merupakan beberapa perintah mengenai du, yakni :
  • du -h/home/user/desktop : -h akan menampilkan informasi yang mudah dibaca

  • du -sh/home/user/desktop : -sh akan menampilkan informasi total ukuran folder tertentu (misalnya seperti folder desktop) 

  • du -m/home/user/desktop : -m akan menampilkan informasi ukuran folder dalam ukuran Mb. Namun, jika kalian ingin menampilkannya dalam ukuran Kb maka tinggal mengganti -m menggunakan -k. 

  • du -h -ime/home/user/desktop : akan menampilkan tanggal modifikasi terakhir folder dan file yang ditampilkan. 

  • du --help : perintah ini menujukan opsi lain yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan kita. Tampilan yang akan keluar seperti berikut ini :

Jadi kesimpulan dari perintah df dan du adalah command ini akan sangat membantu dalam memanajemen file. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengecek ruang disk pada Sistem Operasi Linux. 

4. Perintah Untuk Memonitoring Proses Di Linux

Perintah top : Merupakan sebuah program yang biasa digunakan oleh pada System Administrator untuk memantau kinerja Dedicated Server Linux. Perintah ini digunakan untuk menampilkan semua proses real time yang berjalan dan aktif dalam daftar yang di urutkan, juga bisa diperbarui secara teratur. Command ini menampilkan penggunaan CPU, memory, swap memory, ukuran cache, ukuran buffer, PID proses, dan masih banyak lagi. Jika kita menggunakan perintah top ini, maka hasil yang terlihat di terminal akan seperti dibawah ini. 


So guys, itulah beberapa perintah atau Command yang berfungsi untuk mengutilisasi komponen-komponen yang bisa digunakan pada Sistem Operasi Linux/Unix. Semoga materi kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua ya!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar